Sabtu, 19 Januari 2008

Konversi harga emas dunia ke harga emas lokal

Seperti diketahui bahwa jika kita browsing di internet untuk mencari harga emas terkini maka kita hanya akan menemukan harga emas dunia dalam satuan USD/oz (oz untuk logam mulia adalah troy ounce lebih tepatnya jika disingkat t.oz).

Untuk mencari harga emas terkini, biasanya saya browsing ke www.kitco.com, di sidebar sebelah kanan, Anda akan menemukan grafik dengan header "30 Day Gold"

Contohnya pada hari, tanggal 19 Januari 2008, harga emas adalah 880.50 USD/t. oz, sehingga untuk mengkonversi ke satuan gram, perlu kita ketahui 1 t.oz itu berapa nilainya dalam satuan gram.

Nah, biasanya persepsi kita langsung menganggap bahwa t.oz itu adalah ons dan ons seperti yang dahulu kita pelajari di sekolah pada tingkatan SD 1 ons = 100 gram. Apakah ajaran dari guru-guru kita ini ada dasarnya atau tidak, mungkin saya tidak tahu sama sekali.

Jika kita masuk ke website www.metric-conversions.org, kemudian memilih weight conversion, diantara pilihan konversi, saya tidak menjumpai adanya satuan ons, yang ada adalah Troy Ounces (t.oz) dan Ounces (oz). Saya mencoba-coba konversi 2 satuan di atas, hasilnya :
1 Troy Ounces (t.oz) = 31.034 gr
1 Ounces (oz) = 28.3495 gr

Ada yang menyatakan 1 Troy Ounces = 31.1034768 gr. Namun perbedaannya tipis, yang mengherankan adalah perbedaan yang sangat jauh dengan 100 gr. Apakah selama ini kita sudah dibodohi atau memang bodoh. Bayangkan saja jika ada dari salah satu kita yang bekerja di pabrik asing, misalnya ada takaran yang dalam satuan ounces namun kita salah mengkonversi ke gram, apakah akibatnya, bisa-bisa pabriknya meledak karena salah mencampur bahan kimia, setelah itu kita pun dipecat. Mungkin kurikulum yang dipakai di pelajaran tingkatan SD perlu dicari dasar ilmiahnya. Kenapa satuan ons tidak dijumpai nilainya setara dengan 100gr.

Kembali ke topik konversi harga emas, setelah saya baca-baca bahwa ounce yang dipakai untuk logam mulia adalah troy ounces, sehingga harga emas
880.50 USD/t.oz = 880.50 USD/31.034gr = 28.3721 USD/gr.

Sekarang tinggal konversi mata uang USD ke IDR, saya biasa mencari ke website Bank Indonesia, yakni http://www.bi.go.id/web/id/Indikator+Moneter+dan+Perbankan/Kurs+BI/default.aspx?pageid=2

Pada saat ini, 1 USD = 9.430 IDR, sehingga harga emas berkisar 267550 Rp/gr. Secara ringkas rumusannya sebagai berikut :

Gold USD/t.oz = Gold x IDR / 31 = Emas Rp/gr.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

trims infonya

Anonim mengatakan...

Tips yang bermanfaat

Salam dr AsianAdvantage

Anonim mengatakan...

terima kasih banget, info yang sangat membantu.

Anonim mengatakan...

Mas q mau tanya: Sy masih kurang ngerti kenapa harga emas dunia selalu dikaitkan dengan ukuran ounce (oz) sementara logam mulia selalu dengan troy ounce. Selisihnya kan lumayan besar. Kalau emas yang dihitung dengan ounce perhitungannya bagaimana mas? Mohon pencerahannya. Terima kasih atas jawabannya.