Sabtu, 12 Januari 2008

ActiveX component can’t create - DllRegisterServer failed - VB6 - Vista

Posted on November 24, 2007 by pandazen (http://pandazen.wordpress.com)

Pada saat saya menjalankan aplikasi di window vista, saya mendapati pesan "Error 429 : ActiveX component can’t create object", padahal aplikasi itu sudah berjalan bertahun-tahun di platform windows XP.

Saya sudah mencoba melakukan registrasi komponen-komponen yang saya gunakan dengan cara menjalankan regsvr32 dan regsvr32 , namun pesan kesalahan yang sama masih tetap muncul.

Ditambah lagi pesan seperti di bawah ini :
“The module *.dll was loaded but the call to DllRegisterServer failed with error code 0×800004005”.

Setelah googling saya temukan bahwa solusinya menjalankan regsvr32 harus "Run as Administrator" dengan mengklik kanan file tersebut. Namun untuk lebih mudahnya, saya membuat sebuah batch file yang berisi perintah-perintah regsvr32 tersebut, sehingga dapat sekali saja menjalankan batch file tersebut sebagai administator.

Pesan kesalahan di atas sudah tidak muncul kembali.

Tidak ada komentar: